Sabtu, 20 Agustus 2016

bisnis kerajinan daur ulang sampah

bisnis kerajinan daur ulang sampah juga bisa menhasilkan uang.Sampah menjadi masalah yang dapat dianggap serius terutama di kota besar. Berbagai usaha telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan sampah. Cara mengatasi permasalahan sampah bahkan sudah diajarkan sejak di sekolah dasar. Siswa SD diajarkan bagaimana cara memisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik. Mereka juga diajarkan untuk memanfaatkan sampah menjadi lebih berguna.Oleh karena itu, kesadaran masyarakat tentang sampah harus digalakkan.
 Meskipun sampah terlihat tidak berguna karena harus dibuang namun ada jenis-jenis sampah yang masih dapat dimanfaatkan menjadi lebih berguna bahkan mendatangkan keuntungan. Sampah dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi pupuk organik yang berguna untuk menyuburkan tanaman. Sedangkan sampah anorganik yang tidak mudah hancur dapat dimanfaatkan untuk produk daur ulang.

macam-macam bisnis daur ulang sampah:

 Produk daur ulang diperoleh dari sampah anorganik yang dipilih kemudian dimodifikasi sehingga menghasilkan produk baru. Ada beberapa kerajinan produk daur ulang yang akan menambah pendapatan dan bahkan menjadi bisnis menggiurkan.

1.botol bekas
 Botol bekas minuman yang terbuat dari plastik dan kaca tidak perlu dibuang. Botol-botol bekas tersebut dapat dimanfaatkan untuk pot tanaman atau dimodifikasi menjadi hiasan. Hiasan dinding dan hiasan lampu dari kaca botol menjadi kerajinan daur ulang yang diminati oleh pembeli,bahkan dari luar negeri.


2.kertas bekas
 Kertas bekas yang terlihat sudah tidak dapat digunakan lagi dan dibuang ke tempat sampah ternyata masih memiliki nilai. Kertas bekas yang didaur ulang dapat menjadi produk baru seperti pigura foto, paper bag, dan lampion. Kertas bekas juga dapat dikreasikan menjadi hiasan bunga kertas.

3.plastik bekas
 Plastik bekas bungkus makanan atau bekas bungkus produk biasanya kemudian dibuang. Namun berkat sentuhan tangan kreatif maka plastik bekas pembungkus dapat didaur ulang menjadi suatu produk yang laris dijual. Bekas bungkus pewangi pakaian dan sabun dapat didaur ulang menjadi dompet atau tas. Bau harum dari pewangi pakaian dan sabun menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli.


pemasaran produksi kerajinan daur ulang sampah

 Masalah pemasaran produk daur ulang dapat memanfaatkan sarana pameran, iklan, brosur dan internet. Promosi melalui internet ternyata dapat mempercepat perkembangan bisnis daur ulang ini. Promosi di internet dapat menjangkau hingga ke pelosok dunia. Sarana promosi ini sangat efektif bagi anda pembisnis kerajinan daur ulang sampah.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar